Home

img_4630edit

Prinsip Teguh Masyarakat Madura

Kepribadian prinsip teguh yang dimiliki masyarakat Madura menjadi gambaran bagaimana pengaruh dari karakteristik geografis. Satu prinsip yang di teguhkan orang Madura, ialah dikenal menjadi orang yang bisa mengambil dan menarik manfaat dari nilai budi orang lain, tanpa mengorbankan kepribadian / nilainya sendiri. Demikian pula orang Madura pada umumnya, mereka juga menghargai dan menjunjung tinggi rasa solidaritas kepada orang lain.

Sikap hidup semacam inilah, yang menjadikan orang-orang Madura diluar Madura mudah dikenal, supel serta toleran terhadap sesama. Kadang menjadi kontradiktif bila membandingkan anatar penampilan fisik dengan kenyataan kehidupannya yang sebenarnya. Sebagai contoh, bila satu rumah tangga kedatangan tamu (apalagi tamu jauh), dapat dipastikan mereka sangat dihormati. Mereka berani berkorban untuk menjamu sang tamu, meski hanya secangkir air. Kalaupun dapat, mereka berusaha memuaskan dengan jamuan lebih, bahkan berani mencari hutang demi menghormati tamu. Tapi sebaliknya apabila penghargaan itu ditolak atau meski sedikit tidak mau dicicipi suguhannya, maka tamu tersebut berarti dianggap menginjak penghargaan tuan rumah. Dan kemungkinan semacam ini akan bisa menumbuh benih-benih rasa benci dan dendam

Sebagai suku yang hidup di kepualauan, orang Madura dijaman dulu memang kurang mendapat kesempatan untuk berinteraksi dengan dunia luar.  Wajar bila mereka mejadi sangat berhati-hati, dan akibatnya bila ada sesuatu yang datang dari luar itu bisa dianggap ancaman bagi orang Madura. Meskipun pada dasarnya mereka itu konservatif, yaitu berusaha memelihara dan menjamin nilai-nilai yang mengakar pada diri orang Madura. Tapi dalam segi yang lain, orang Madura menunjukkan naluri yang kuat untuk menjamin dan bertahan kelangsungan hidup, karena mereka didorong untuk menerima dan memanfaatkan nilai-nilai yang terserap dari luar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s