Home

PENDIDIKAN NON FORMAL

LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR

EXSACT SOLUTION

Laporan observasi ini disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Non Formal yang di ampu oleh Ibu Dra. Siti Rochani M.Pd

 

bimbingan-belajar1

Disusun Oleh:

Iqbal Nur Fais ( K8410030)

 

PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANTROPOLOGI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

2012

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.   Latar Belakang Masalah

Pendidikan sangat penting karena dengan pendidikan manusia dapat menerima ilmu baik dari lembaga formal maupun nonformal yang bisa menjadi bekal baginya menghadapi hidup.Dengan pendidikan manusia dapat menumbuh kembangkan pikiran dan dirinya untuk bisa menjadi manusia seutuhnya sesuai dengan ungkapan pendidikan untuk memanusiakan manusia.Namun meski begitu pendidikan yang dibutuhkan juga bukan pendidikan yang ala kadarnya, dibutuhkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas agar bisa memanusiakan manusia tersebut.Di sekolah-sekolah utamanya, baik dari tingkat SD hingga SMA pendidikan yang diberikan diharapkan mampu menjadi bekal bagi para peserta didik saat mereka lulus.Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan akademis yang diharapkan bisa memberikan pengetahuan bagi manusia tentang sekelilingnya secara objektif.

Tetapi seiring perkembangan jaman maka sistem pendidikan berkembang pula.Sekolah sudah bukan satu-satunya lembaga pendidikan yang eksis sebagai tempat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik meski di dalamnya diciptakan berbagai kurikulum dan segala fasilitas pendukungnya.Pendidikan non formal adalah suatu pendidikan yang dilakukan di luar kegiatan pendidikan formal yang berfungsi sebagai pendukung dari kegiatan pendidikan formal tersebut. Di sini peserta didik mendapatkan tambahan belajar dengan serangkaian metode pengajaran yang bertujuan tidak hanya meningkatkan pemahamannya terhadap suatu ilmu pengetahuan tetapi juga meningkatkan kualitas belajarnya di sekolah sehingga diharapkan ia bisa mendapat nilai yang lebih baik.

Dalam tulisan ini saya akan membahas tentang salah satu lembaga pendidikan non formal yaitu lembaga bimbingan belajar “Exsact Solution”.

  1. B.   Tujuan Penulisan

Penulisan makalah ini memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Nonformal.
  2. Untuk mengetahui lebih mendalam tentang lembaga bimbel Exsact Solution.
  1. C.   Perumusan Masalah

Masalah yang dikaji dalam makalah ini adalah :

  1. Apa jenis kelompok belajar dari Bimbel Exsact Solution ?
  2. Bagaimana Sejarah berdirinya Bimbel Exsact Solution?
  3. Kurikulum apa yang digunakan Bimbel Exsact Solution dan dari mana asal dana yang diperoleh Bimbel Exsact Solution ?
  4. Siapa saja Tutor yang mengajar Di Exsact Solution?
  5. Siapa saja yang menjadi siswa di Bimbel Exsact Solution ?
  6. Kapan dilaksanakan pembelajaran dan di mana tempat pelaksanaan pembelajaran di BimbeL Exsact Solution ?
  7. Apa saja masalah yang dihadapi Bimbel Exsact Solution dan bagaimana solusinya ?
    1. Apahubungan Bimbel Exsact Solution dengan diknas atau SKB?
  8. Bagaimana sistem pengujian yang diterapkan dalam pembelajaran di Bimbel Exsact Solution ?


 

BAB II

LAPORAN OBSERVASI

  1. A.   Jenis Kelompok Belajar

Exsact Solution yang berlokasi di jl. Ki Hajar Dewantoro no 25, Jebres, Surakarta adalah sebuah bimbingan belajar yang melayani pengajaran privat dan kelompok. Exsact Solution mengajrakan pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris, dan Ekonomi.Bimbingan belajar Exsact Solution memiliki tujuan dan fungsi seperti bimbel-bimbel pada umumnya yaitu sebagai pendukung belajar bagi para siswa-siswi yang mengalami kesulitan saat belajar di sekolah yang menemui hambatan dalam memahami materi pelajaran.Selain itu semua juga untuk suplemen pembelajaran yang secara khusus bertujuan untuk menaikkan nilai ulangan, ujian, dan lain sebagainya.

Bimbingan belajar Exsact Solution melayani siswa SMP dan SMA yang ingin belajar melalui sistem pengajaran privat dan kelompok.Dalam sistem belajar kelompok bimbel hanya membatasi 1 kelas 5 orang saja.Sistem kelasnya juga fleksibel yaitu menurut keinginan dan kebutuhan siswa. Dalam hal ini siswa bisa memilih ia yang akan datang ke tempat les atau guru les tersebut yang akan datang ke rumah siswa tersebut. Ini berlaku bagi yang privat maupun kelompok.Untuk kelompok biasanya para siswa sepakat untuk menggunakan rumah salah satu temannya sebagai tempat les lalu guru les tinggal mengikuti.

Yayasan Penyelenggara ( Badan Hukum )

Exact Solution merupakan bimbingan belajar milik beberapa orang mahasiswa UNS. Exact Solution adalah sebuah lembaga bimbingan belajar yang didirikan oleh empat mahasiswa UNS yaitu Sdr Robert Setiawan Putra, Sdr Delisma Wisnu, Sdr Sebastianus Hardi, dan Sdr Herry Adi dan belum memiliki badan hukum atau hal-hal lain yang menunjukkan bimbingan ini resmi secara administrasi.Hal yang menyebabkan bimbel ini belum memiliki badan hukum dikarenakan usaha bimbel ini hanya usaha sampingan dari para pendirinya yang masih para mahasiswa yang mendirikan bimbel ini hanya untuk mengisi waktu luang setelah kuliah sekaligus membantu siswa SMP dan SMA yang masih kesulitan dengan pelajaran di sekolah.Selain itu bimbel ini masih termasuk dalam tahap rintisan sehingga masih belum perlu untuk memiliki badan hukum.

Kurikulum dan Dana

Dalam mengajar para muridnya, kurikulum yang digunakan oleh bimbingan belajar Exact Solutionadalah menyesuaikan dengan kebutuhan murid.Jika seorang murid mempunyai PR atau tugas-tugas yang ia tidak bisa mengerjakan atau menemui kesulitan dalam mengerjakannya maka kegiatan les hari itu bisa difokuskan untuk mengerjakan PR atau tugas tersebut, di situ PR atau tugas tersebut sekaligus menjadi alat untuk mengajar artinya pengajar tidak perlu mengajarkan secara terpisah materi yang perlu diajarkan sesuai bab yang dipelajari tetapi langsung diterapkan pada saat mengajarkan mengerjakan PR tersebut. Selain itu jika saat aakan ada ulangan harian atau ujian maka yang dipelajari adalah materi-materi yang akan diujikan. Tetapi jika tidak ada kedua hal tersebut baik PR atau ulangan/ujian maka pengajaran yang dilakukan mengikuti kurikulum yang ada di sekolah.Jadi di sini YTE benar-benar berusaha membantu murid-muridnya dengan memperthatikan kebutuhan mereka dalam mempelajari materi.

Sedangkan untuk dana mulai dari dana pendirian bimbel Exact Solution menggunakan dana kelompok yaitu dari para pendiri. Lalu dana yang didapat perbulannya adalah hasil dari pembayaran biaya les sendiri yang berasal dari para peserta les.

Berikut adalah daftar biaya yang dibayarkan oleh siswa kepada bimbel:

Kelas

1 Orang

2 Orang

/@

3 Orang

/@

4 Orang

/@

5 Orang

/@

VII

Rp. 20.000,00 Rp. 17.500,00 Rp. 15.000,00 Rp. 12.500,00 Rp. 11.000,00

VIII

Rp. 20.000,00 Rp. 20.000,00 Rp. 15.000,00 Rp. 12.500,00 Rp. 11.000,00

IX

Rp. 22.500,00 Rp. 20.000,00 Rp. 15.000,00 Rp. 12.500,00 Rp. 12.000,00

X

Rp. 25.000,00 Rp. 20.000,00 Rp. 15.000,00 Rp. 12.500,00 Rp. 12.000,00

XI

Rp. 25.000,00 Rp. 20.000,00 Rp. 15.000,00 Rp. 12.500,00 Rp. 12.000,00

XII

Rp. 27.000,00 Rp. 22.000,00 Rp. 20.000,00 Rp. 17.500,00 Rp. 16.000,00

Biaya tersebut dibayarkan setiap pertemuan jadi setiap pertemuan belajar siswa langsung membayar kepada tutor.

  1. B.   Tutor

Bimbel Exsact Solutionmemiliki 8 tutor yang semuanya masih mahasiswa di UNS, masing-masing tutor memiliki bagian masing-masing dalam mengajar.Tutor yang mengajar biasanya disesuaikan dengan jurusan kuliah yang diambilnya, jadi apabila salah satu tutor tersebut kuliah di jurusan fisika maka ketika mengajar dia memberi pelajaran fisika, begitu juga dengan yang lainnya. Tetapi ada juga tutor yang mengajar 2 pelajaran yang berbeda yaitu pelajaran matematika dan fisika.

Karena bimbingan belajar ini didirikan oleh mahasiswa maka kebanyakan pengajar dalam bimbingan belajar ini sebelumnya merupakan teman dekat sesama mahasiswa. Jadi dalam perekrutan pengajar atau tutor tidak ada hal yang baku untuk dites sebelum menjadi pengajar, biasanya sebelum merekrut pengajar atau tutor pemimpin bimbel sudah mengetahui kepribadian calon pengajar yang akan direkrut sehingga yang direkrut oleh pemilik bimbel adalh orang yang sudah dikenal kepribadiannya.

Warga Belajar

Warga belajar bimbingan belajar Exact Solution atau para murid bimbel ini adalah para murid SMP dan SMA, mulai dari kelas VII sampai kelas IX, yang rata-rata berasal dari sekolah sekitar daerah Solo.Cara bimbel Exact Solution mendapatkan murid biasanya dengan menyebar brosur di sekolah-sekolah, selain itu dibantu juga oleh para murid yang sudah lebih dahulu mengikuti kegiatan belajar di bimbel tersebut dengan cara member tahu temannya yang belum ikut bimbel agar masuk ke bimbel Exact Solution. Tidak ada ketentuan khusus untuk menjadi warga belajar di bimbel ini yang penting sanggup membayar biaya administrasi dan mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh bimbel.

  1. C.   Jadwal, Waktu, dan Tempat Belajar

Berhubung bimbel ini program belajarnya dengan cara privat maka jadwal belajarnya tergantung dari siswa. Siswa diberi kemudahan untuk menentukan jadwal belajar sendiri mulai hari Senin-Jum’at antara jam 15.00-21.00, dengan mempertimbangkan jadwal tutor juga karena biasanya terjadi jadwal belajar siswa yang satu dengan yang lain berbenturan. Tetapi biasanya ada juga siswa atau kelompok yang meminta jadwal belajar diluar jadwal yang sudah ditentukan oleh bimbel, kalau seperti ini siswa atau kelompok harus konsultasi dulu dengan bimbel karena tutor diluar jadwal yang sudah ditentukan sedang libur.Setiap pertemuan antara tutor dengan siswa berlangsung selama 90 menit. Sebelum memulai kegiatan belajar biasanya siswa atau kelompok akan berkonsultasi degnan tutor tentang materi yang akan dibahas dalam kegiatan belajar, bisa pembahasan tentang pelajaran di sekolah bisa juga membahas tentang tugas yang diberikan oleh guru di sekolah, dalam hal ini tutor membantu pemahaman pelajaran yang lebih mendalam sehingga siswa atau kelompok dapat mengerjakan tugasnya sendiri.

 

Problem Yang Dihadapi dan Solusinya

Selama ini problem yang dihadapi oleh bimbingan belajar ini adalah masalah pengenalan bimbingan belajar ini kepada masyarakat, karena termasuk bimbingan belajar baru maka masih sulit untuk mencari murid baru, masalah ini diatasi dengan melakukan penyebaran brosur secara intesif di sekolah dan membuat Fan Page di salah satu situs jejaring sosial sehingga para calon siswa baru dapat mengecek tentang keunggulan dari bimbingan belajar ini melalui situs jejarng sosial tersebut. Selain itu masalah yang lain adalah ketidak hadiran tutor menjadi masalah yang lain karena semua tutor masih mahasiswa sering terjadi tutor tidak mengajar siswa dikarenakan kesibukan tutor di kampus, hal ini sering terjadi pada jam bimbingan di sore hari, sering terjadi tutor tidak mengajar dikarenakan ada jam tambahan di kampus sehingga tidak bisa mengajar, maslah ini bisa diatasi dengan mengganti tutor yang lain atau mengganti jam belajar di hari lain. Sehingga tidak merugikan para peserta bimbel. Sedangkan masalah yang dihadapi tutor biasanya sulit menghadapi siswa yang ikut program kelompok privat karena terkadang ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan belajar dengan baik.

Hubungan Kelompok Belajar Dengan Diknas dan SKB

Hubungan antara bimbel YTE dengan Diknas atau SKB adalah tidak langsung.Hubungannya hanya sebagai pendukung saat pemilik pertama kali ingin mendapatkan ijin untuk mendirikan bimbel, selain itu tidak ada.

Sistem Pengujian

Sistem pengujian dalam bimbel ini hanya sebatas tes biasa saja jadi tutor hanya mengulang apa yang telah disampaikan selama kegiatan belajar, tetapi terkadang siswa bimbel disuruh mengerjakan soal yang ada di buku setelah itu dibahas bersama-sama dengan tutor sehingga bisa dikatakan sistem pengujiannya tidaklah baku dikarenakan bimbel ini menggunakan program belajar privat.

BAB III

PENUTUP

  1. A.   Kesimpulan

Dari bahasan tersebut dapat saya simpulkan bahwa Exsact Solution adalah sebuah bimbingan belajar non formal yang bergerak dalam bidang pelajaran matematika, fisika, kimia, bahasa inggris dan ekonomi dan memiliki jenis kelompok belajar privat dan kelompok.Exsact Solution masih tergolong bimbel kecil yang sedang merintis dan belum memiliki keresmian sebagai bimbingan belajar non formal usahanya patut dipuji karena tujuannya tetap untuk memajukan pendidikan dengan memberikan para peserta didik bantuan-bantuan yang mereka perlukan dalam belajar semaksimal mungkin. Sehingga meskipun bimbel ini keci tetapi usahanya tak kalah besar dibandingkan bimbel-bimbel besar yang sudah memiliki nama.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s